Blog Content

Home – Blog Content

TRAINING ADVANCED GEOGRAPIC INFORMATION SYSTEM (GIS)

Pelatihan Advanced Geographic Information System (GIS)

Pengertian  Training Advanced Geographic Information System (GIS)

Sistem Informasi Geografis (GIS) adalah teknologi yang digunakan untuk mengumpulkan, mengelola, menganalisis, dan memvisualisasikan data geografis. Mengikuti pelatihan atau training Advanced GIS merupakan langkah penting bagi individu maupun organisasi yang ingin memanfaatkan potensi GIS secara maksimal. Pelatihan GIS tingkat lanjut akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang teknologi ini dan membuka pintu bagi berbagai manfaat.

Salah satu pentingnya mengikuti pelatihan GIS tingkat lanjut adalah peningkatan kompetensi. Peserta akan mempelajari beragam teknik analisis spasial, penggunaan perangkat lunak GIS canggih, dan pemahaman yang lebih mendalam tentang pemodelan geografis. Hal ini akan membantu para profesional GIS menjadi lebih kompeten dalam pekerjaan mereka.

Selain itu, mengikuti pelatihan GIS tingkat lanjut akan membuka peluang karier yang lebih luas. Keterampilan GIS yang lebih mendalam sangat dicari di berbagai industri seperti perencanaan perkotaan, pemetaan, manajemen sumber daya alam, dan pemantauan lingkungan. Dengan memiliki keterampilan ini, seseorang dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik atau memajukan karier yang sudah ada.

Selain itu, training Advanced GIS juga penting dalam pengambilan keputusan yang lebih baik. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang teknologi ini, individu dan organisasi dapat mengumpulkan dan menganalisis data geografis dengan lebih akurat. Ini dapat membantu dalam perencanaan, pengelolaan sumber daya, pemantauan lingkungan, dan pengambilan keputusan strategis.

Kesimpulannya, mengikuti training Advanced Geographic Information System (GIS) adalah langkah yang penting untuk meningkatkan kompetensi, membuka peluang karier, dan memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik. GIS memiliki peran yang semakin penting dalam dunia yang semakin terkait dengan informasi geografis, sehingga investasi dalam pelatihan GIS tingkat lanjut akan membawa manfaat jangka panjang.

Training Advanced Geographic Information System (GIS)

Tujuan dan manfaat training Advanced Geographic Information System (GIS):

  1. Meningkatkan Pemahaman Dasar: Training GIS tingkat lanjut membantu peserta memperdalam pemahaman mereka tentang konsep dasar GIS.
  2. Keterampilan Analisis Spasial: Peserta dapat mengembangkan keterampilan analisis spasial yang lebih canggih untuk memahami data geografis.
  3. Penguasaan Perangkat Lunak GIS: Pelatihan ini memungkinkan peserta menguasai perangkat lunak GIS canggih seperti ArcGIS, QGIS, atau software sejenisnya.
  4. Pemahaman Pemrograman GIS: Training GIS lanjut juga dapat mencakup pemrograman yang membantu dalam pengembangan alat-alat kustom dalam GIS.
  5. Peningkatan Efisiensi Kerja: Dengan keterampilan yang lebih baik, peserta dapat bekerja lebih efisien dalam pengumpulan, analisis, dan visualisasi data geografis.
  6. Pengembangan Aplikasi: Training ini membantu peserta dalam mengembangkan aplikasi GIS yang sesuai dengan kebutuhan bisnis atau penelitian mereka.
  7. Penyempurnaan Pemetaan: Peserta dapat memahami teknik pemetaan yang lebih canggih untuk menghasilkan peta yang lebih akurat dan informatif.
  8. Peningkatan Daya Saing: Dengan memiliki keterampilan GIS tingkat lanjut, peserta menjadi lebih kompetitif di pasar kerja.
  9. Manajemen Sumber Daya yang Lebih Baik: Training GIS memungkinkan organisasi untuk lebih baik dalam mengelola sumber daya alam, lahan, dan aset.
  10. Pengambilan Keputusan yang Lebih Akurat: Peserta dapat mengambil keputusan yang lebih baik berdasarkan analisis data geografis yang lebih mendalam.
  11. Pemantauan Lingkungan: GIS memungkinkan pemantauan lingkungan yang lebih efektif, yang penting untuk konservasi dan perlindungan alam.
  12. Peningkatan Pelayanan Publik: Organisasi pemerintah dapat menggunakan GIS untuk meningkatkan pelayanan publik, seperti pemantauan kualitas udara, manajemen bencana, dan peningkatan infrastruktur.
  13. Kemampuan Kolaborasi: Training ini memungkinkan peserta untuk berkolaborasi lebih efektif dengan tim yang menggunakan GIS dalam berbagai bidang.
  14. Inovasi Bisnis: Keterampilan GIS tingkat lanjut dapat membantu dalam mengidentifikasi peluang bisnis dan inovasi produk atau layanan berbasis lokasi.
  15. Penghematan Waktu dan Biaya: Dengan efisiensi yang ditingkatkan, peserta dapat menghemat waktu dan biaya dalam proyek-proyek yang melibatkan data geografis.

 

Outline Materi  Training Advanced Geographic Information System (GIS)

 1: Pengantar ke GIS Tingkat Lanjut

  • Definisi dan konsep dasar GIS tingkat lanjut.
  • Peran GIS dalam berbagai industri dan aplikasi.
  • Perbedaan antara GIS dasar dan tingkat lanjut.

 2: Pemahaman Data Geografis Lanjut

  • Jenis data geografis: vektor dan raster.
  • Sumber data geografis dan pengumpulan data.
  • Konsep proyeksi dan koordinat dalam GIS tingkat lanjut.

 3: Analisis Spasial yang Canggih

  • Operasi spasial: overlay, buffer, dissolves, dan lainnya.
  • Pemrosesan data spasial kompleks.
  • Analisis jaringan dan perutean.

 4: Penggunaan Perangkat Lunak GIS Lanjut

  • Pemahaman perangkat lunak GIS tingkat lanjut seperti ArcGIS Pro, QGIS, atau perangkat lunak serupa.
  • Pemodelan dan pemrograman dengan bahasa scripting seperti Python untuk GIS.

 5: Pemetaan yang Lebih Canggih

  • Teknik pemetaan tingkat lanjut.
  • Penggunaan citra satelit dan penginderaan jauh.
  • Pemetaan 3D dan penggunaan LiDAR.

 6: Pengembangan Aplikasi GIS

  • Pembuatan aplikasi kustom dengan API GIS.
  • Integrasi data geografis dalam aplikasi bisnis.
  • Penggunaan mobile GIS dan cloud-based GIS.

 7: Manajemen Data dan Database GIS

  • Desain database geografis.
  • Manajemen dan administrasi database GIS.
  • Interoperabilitas data geografis.

 8: Pengambilan Keputusan Berbasis GIS

  • Penggunaan GIS dalam pengambilan keputusan strategis.
  • Model prediksi dan simulasi dalam GIS.
  • Studi kasus pengambilan keputusan menggunakan GIS.

 9: Pemantauan Lingkungan dan Berkelanjutan

  • Pemantauan lingkungan dan konservasi.
  • Penggunaan GIS dalam mitigasi bencana dan manajemen risiko.
  • Lingkungan berkelanjutan dan perubahan iklim.

 10: Praktikum dan Proyek

  • Latihan praktis menggunakan perangkat lunak GIS.
  • Penyelesaian proyek GIS yang relevan dengan kebutuhan peserta.
  • Diskusi dan presentasi hasil proyek.

 11: Evaluasi dan Sertifikasi

  • Ujian akhir atau evaluasi keterampilan.
  • Pemberian sertifikat bagi peserta yang berhasil menyelesaikan training.

 

Peserta Training Advanced Geographic Information System (GIS)

  1. Profesional GIS: Para ahli GIS yang ingin meningkatkan keterampilan dan pemahaman mereka dalam menggunakan teknologi GIS tingkat lanjut.
  2. Mahasiswa dan Akademisi: Mahasiswa dan dosen yang melakukan penelitian atau mengajar di bidang geografi, ilmu lingkungan, atau bidang terkait.
  3. Pegawai Pemerintah: Individu yang bekerja di instansi pemerintah, seperti Dinas Pemetaan dan Tata Ruang, untuk meningkatkan efisiensi dalam pemantauan dan pengambilan keputusan.
  4. Perencana Kota dan Perkotaan: Profesional yang terlibat dalam perencanaan perkotaan, pembangunan wilayah, dan manajemen infrastruktur kota.
  5. Spesialis Lingkungan: Ahli lingkungan yang ingin menggunakan GIS untuk pemantauan lingkungan dan manajemen sumber daya alam.
  6. Petani dan Peternak: Individu yang terlibat dalam pertanian dan peternakan untuk manajemen lahan, pemetaan tanah, dan pemantauan hama.
  7. Perusahaan Swasta: Organisasi bisnis yang ingin meningkatkan efisiensi operasional dan analisis lokasi untuk pengembangan produk atau layanan mereka.
  8. Industri Pertambangan dan Energi: Profesional di industri pertambangan dan energi yang menggunakan GIS untuk pemetaan cadangan sumber daya dan pengelolaan infrastruktur.
  9. Organisasi Konservasi: Organisasi yang bekerja dalam pelestarian lingkungan dan konservasi sumber daya alam yang membutuhkan pemantauan dan analisis data geografis.
  10. Manajer Proyek: Manajer proyek yang ingin mengintegrasikan elemen GIS dalam perencanaan dan pelaksanaan proyek mereka.
  11. Pengembang Perangkat Lunak: Pengembang yang ingin menciptakan aplikasi kustom berbasis GIS untuk berbagai tujuan.
  12. Manajer Keamanan dan Bencana: Individu yang terlibat dalam manajemen bencana dan keamanan yang memerlukan analisis data spasial untuk pengambilan keputusan.
  13. Peneliti dan Analis Data: Orang-orang yang bekerja dengan data geografis untuk penelitian atau analisis pasar.
  14. Masyarakat Umum: Individu yang ingin memahami konsep dasar GIS dan mungkin menggunakannya untuk tujuan pribadi atau pendidikan.

Instruktur Pelatihan Advanced Geographic Information System (GIS)

Pelatihan ini akan dibawakan oleh Trainer dari kalangan Praktisi, Akademisi dan Konsultan berpengalaman di bidangnya Advanced Geographic Information System (GIS). Anda akan diberikan modul materi yang lengkap berupa softcopy ataupun hardcopy jika diperlukan. Calon peserta pelatihan diperkenankan customize atau request modul pelatihan sehingga materi training akan disusun secara komprehensif dan disesuiakan dengan goals peserta pelatihan.

 

Jadwal Training Jakarta Fix Running di Tahun 2024

Januari Februari  Maret April
16 -17 Januari 2024 13 – 14 Februari 2024 5 – 6 Maret 202 24 – 25 April 2024
Mei Juni Juli Agustus
21 – 22 Mei 2024 11 – 12 Juni 2024 16 – 17 Juli 2024 20 – 21 Agustus 2024
September Oktober  November  Desember
17 – 18 September 2024 8 – 9 Oktober 2024 12 – 13 November 2024 17 – 18 Desember 2024

Peserta dapat pesan / customize jadwal pelaksanaan training  selain tanggal yang sudah kami agendakan. 

 

Lokasi Pelatihan Training selain di Jakarta

  1. Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro
  2. Bandung, Hotel Neo Dipatiukur
  3. Bali, Hotel Ibis Kuta
  4. Lombok, Hotel Jayakarta
  5. Surabaya, Hotel Neo Gubeng

 

Investasi Training Jakarta

Investasi pelatihan tahun 2024 ini Rp 6.900.000/ peserta dengan minimal pelaksanaan 3 peserta setiap batch nya. Anda akan mendapatkan harga lebih kompetitif jika pelatihan diselenggarakan secara In House Training (IHT) minimal dengan 10 peserta setiap angkatan/ batch nya. Untuk detail biaya investasi pelatihan ini silahkan menghubungi tim marketing Training Jakarta dan dapatkan harga investasi terbaik.

 

Hubungi segera tim marketing kami untuk mendapatkan biaya investasi terbaik. silahkan hubungi melalui WhatsApp berikut ini

Popular Articles

Most Recent Posts

  • All Post
  • Accounting
  • Administrasi
  • Advokat
  • Agribisnis
  • Agroteknologi
  • Arbitrase
  • Art
  • Audit
  • Bisnis
  • Bursa Efek
  • Coal
  • Creative
  • Cyber
  • Database
  • Design
  • Developer
  • Digital
  • Dividen
  • EBT
  • Ekspedisi
  • Electrical
  • Finance
  • Fraud
  • Geologi
  • HSE
  • Hukum
  • Industri
  • Insurance
  • Karir
  • Kepabeanan
  • Kimia
  • Komunikasi
  • Konstruksi
  • Korporat
  • Kredit
  • Laboratorium
  • Logistic
  • Manajemen
  • Manufaktur
  • Marine
  • Marketing
  • Mechanical
  • Medis
  • Multimedia
  • Nirlaba
  • Obligasi
  • Oil and Gas
  • Pajak
  • Pendidikan
  • Pensiun
  • Perbankan
  • Pertambangan
  • Pertanian
  • Peternakan
  • Properti
  • Psikologis
  • Publik Speaking
  • Purchasing
  • Retail
  • Safety
  • Sipil
  • Software
  • Teknologi
  • Telekomunikasi
  • Trading
  • Transportasi
  • Vendor
  • Warehouse

Training Jakarta adalah Portal Training dan Sertifikasi Terlengkap untuk Kebutuhan Anda

Layanan

Public Training

InHouse Training

Online Training

Certification

Support

Kategori

Manajemen

Human Resources

Logistik

Finansial

Perbankan

Info

Tentang Kami

Promo

Jadwal Training

Hubungi Kami

Portofolio