Blog Content

Home – Blog Content

TRAINING GENERAL AFFAIRS

DESKRIPSI TRAINING GENERAL AFFAIRS

General Affairs merupakan sebuah departemen atau bagian dalam sebuah organisasi yang bertanggung jawab atas berbagai hal terkait administrasi, manajemen fasilitas, dan urusan umum. Departemen General Affairs seringkali menjadi poros utama dalam menjaga kelancaran operasional organisasi. Tanggung jawab mereka meliputi pengelolaan inventaris, penanganan keamanan, pemeliharaan fasilitas, pengaturan kebersihan, manajemen keuangan kantor, serta koordinasi berbagai kegiatan internal dan eksternal. Secara umum, General Affairs memastikan bahwa semua kegiatan yang berkaitan dengan kebutuhan harian dan keberlangsungan organisasi dapat berjalan dengan efisien dan efektif. Mereka juga berperan dalam menyelaraskan berbagai kepentingan dan kebijakan organisasi dengan praktik-praktik terbaik dalam manajemen sumber daya dan administrasi. Dengan demikian, General Affairs memiliki peran strategis dalam mendukung keberhasilan dan keberlanjutan sebuah organisasi.

Pelatihan dalam bidang General Affairs memiliki relevansi yang sangat penting dalam konteks pengelolaan efisien dan efektifnya operasi sebuah organisasi. Pertama-tama, pelatihan General Affairs membekali para personel dengan pengetahuan yang luas tentang prinsip-prinsip administrasi, manajemen fasilitas, dan tata kelola internal. Ini memungkinkan mereka untuk mengelola inventaris dengan lebih efisien, mengoordinasikan kegiatan-kegiatan harian dengan lebih terstruktur, serta menjaga kepatuhan terhadap berbagai peraturan dan kebijakan organisasi.

Kedua, pelatihan ini juga memperkenalkan para personel pada teknologi dan sistem informasi terkini yang mendukung fungsi-fungsi General Affairs, seperti perangkat lunak manajemen inventaris, sistem keamanan digital, dan aplikasi manajemen keuangan. Dengan demikian, mereka dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam menjalankan tugas-tugas administratif.

Selain itu, pelatihan General Affairs juga mencakup aspek interpersonal, seperti keterampilan komunikasi dan manajemen konflik. Ini penting karena personel General Affairs sering kali harus berinteraksi dengan berbagai pihak internal dan eksternal dalam organisasi, termasuk karyawan, vendor, dan mitra bisnis.

Selanjutnya, pelatihan General Affairs membantu dalam mempersiapkan personel untuk menghadapi tantangan dan perubahan yang terus-menerus dalam lingkungan kerja. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang prinsip-prinsip manajemen risiko dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan, mereka dapat menghadapi situasi yang kompleks dan menyelesaikan masalah dengan lebih cepat dan efektif.

Terakhir, pelatihan General Affairs juga dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan para personel, karena mereka merasa didukung dan diakui atas kontribusi mereka dalam menjaga kelancaran operasional organisasi secara keseluruhan. Dengan demikian, investasi dalam pelatihan General Affairs tidak hanya penting untuk meningkatkan kinerja departemen tersebut, tetapi juga untuk mendukung keseluruhan keberhasilan organisasi.

TRAINING GENERAL AFFAIRS

TUJUAN TRAINING GENERAL AFFAIRS

  1. Peningkatan Efisiensi Operasional: Salah satu tujuan utama pelatihan General Affairs adalah untuk meningkatkan efisiensi dalam menjalankan berbagai tugas administratif dan operasional. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang proses-proses administrasi dan pengelolaan fasilitas, personel General Affairs dapat bekerja lebih efisien dan mengoptimalkan sumber daya yang tersedia.
  2. Pemahaman terhadap Kebijakan dan Prosedur Organisasi: Pelatihan General Affairs membantu para personel untuk memahami kebijakan dan prosedur organisasi secara menyeluruh. Mereka belajar tentang aturan-aturan yang berlaku dalam organisasi, termasuk kebijakan keamanan, keuangan, dan manajemen sumber daya manusia.
  3. Penggunaan Teknologi dan Sistem Informasi: Dalam era digital, penggunaan teknologi dan sistem informasi menjadi sangat penting dalam mengelola operasi organisasi. Pelatihan General Affairs bertujuan untuk membekali personel dengan keterampilan dalam menggunakan perangkat lunak, aplikasi, dan sistem informasi terkait untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja.
  4. Pengembangan Keterampilan Interpersonal: Keterampilan interpersonal seperti komunikasi yang efektif, negosiasi, dan manajemen konflik sangat penting dalam posisi General Affairs. Pelatihan ini membantu personel untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan ini agar dapat berinteraksi dengan baik dengan berbagai pihak internal dan eksternal organisasi.
  5. Pemahaman tentang Manajemen Risiko: Pelatihan General Affairs juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman personel tentang risiko-risiko yang mungkin terjadi dalam operasi organisasi. Mereka belajar tentang cara mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengelola risiko-risiko ini untuk mengurangi dampak negatifnya terhadap organisasi.
  6. Peningkatan Motivasi dan Keterlibatan: Pelatihan General Affairs dapat berkontribusi pada peningkatan motivasi dan keterlibatan personel dalam pekerjaan mereka. Dengan merasa didukung dan diberdayakan melalui pelatihan, personel cenderung lebih termotivasi untuk memberikan kontribusi yang maksimal dalam menjalankan tugas-tugas mereka.

MATERI TRAINING GENERAL AFFAIRS

  1. Pengenalan tentang General Affairs:
    • Definisi dan ruang lingkup General Affairs.
    • Peran dan tanggung jawab departemen General Affairs dalam sebuah organisasi.
    • Hubungan antara General Affairs dengan departemen lain dalam organisasi.
  2. Administrasi Umum:
    • Pengelolaan inventaris dan aset organisasi.
    • Manajemen dokumen dan arsip.
    • Penanganan surat masuk dan keluar.
    • Prosedur pengelolaan data dan informasi sensitif.
  3. Manajemen Fasilitas:
    • Pemeliharaan dan perawatan bangunan dan fasilitas.
    • Pengaturan kebersihan dan sanitasi.
    • Manajemen ruang pertemuan dan fasilitas kantor.
  4. Keamanan dan Kesehatan Kerja (K3):
    • Prinsip-prinsip dasar keamanan dan kesehatan kerja.
    • Prosedur keamanan kantor dan pencegahan kecelakaan.
    • Penanganan keadaan darurat dan evakuasi.
  5. Manajemen Keuangan:
    • Pengelolaan anggaran departemen General Affairs.
    • Pengaturan pembayaran dan pelaporan keuangan.
    • Pemahaman dasar tentang akuntansi.
  6. Teknologi dan Sistem Informasi:
    • Penggunaan perangkat lunak manajemen inventaris.
    • Sistem keamanan digital dan pengelolaan akses.
    • Integrasi teknologi dalam proses administrasi.
  7. Keterampilan Komunikasi dan Interpersonal:
    • Komunikasi efektif di dalam dan di luar departemen.
    • Negosiasi dengan vendor dan pihak eksternal.
    • Manajemen konflik dan penyelesaian masalah.
  8. Manajemen Risiko:
    • Pengenalan konsep dasar manajemen risiko.
    • Identifikasi, evaluasi, dan mitigasi risiko-risiko potensial.
    • Pengembangan rencana kontinuitas bisnis.
  9. Kepatuhan dan Peraturan:
    • Pemahaman tentang peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan operasi organisasi.
    • Kepatuhan terhadap peraturan keuangan, keamanan, dan perlindungan data.
  10. Pengembangan Profesional:
    • Pemahaman tentang pentingnya pengembangan diri dan peluang karier dalam General Affairs.
    • Perencanaan karier dan pengembangan keterampilan untuk meningkatkan kinerja.

PESERTA TRAINING GENERAL AFFAIRS

  1. Staf Administrasi dan Keuangan: Mereka yang bertanggung jawab langsung dalam menjalankan tugas-tugas administratif sehari-hari, seperti pengelolaan inventaris, pembayaran tagihan, dan pelaporan keuangan, akan sangat membutuhkan pelatihan dalam bidang General Affairs.
  2. Manajer Fasilitas: Para manajer yang bertanggung jawab atas pemeliharaan dan operasi fasilitas fisik organisasi, termasuk bangunan dan infrastruktur, akan mendapatkan manfaat besar dari pelatihan ini untuk memahami praktik terbaik dalam manajemen fasilitas.
  3. Staf Keamanan dan Kesehatan Kerja (K3): Mereka yang bekerja dalam bidang keamanan dan kesehatan kerja membutuhkan pemahaman yang kuat tentang kebijakan dan prosedur keselamatan, evakuasi darurat, dan manajemen risiko, yang semuanya merupakan bagian integral dari General Affairs.
  4. Staf Teknologi Informasi: Bagian dari fungsi General Affairs melibatkan pengelolaan sistem informasi dan teknologi, sehingga staf TI perlu memahami bagaimana infrastruktur IT mendukung operasi organisasi secara keseluruhan.
  5. Staf Sumber Daya Manusia: Meskipun bidang Sumber Daya Manusia memiliki peran yang unik, beberapa aspek dari General Affairs, seperti penanganan dokumen dan pemeliharaan kepatuhan terhadap regulasi, dapat overlap dengan fungsi SDM. Pelatihan General Affairs dapat membantu staf SDM memahami perspektif yang lebih luas tentang manajemen organisasi.
  6. Manajer dan Pemimpin Organisasi: Para pemimpin organisasi perlu memahami peran dan kontribusi General Affairs dalam mendukung operasi dan keberhasilan organisasi secara keseluruhan. Pelatihan ini memberikan wawasan yang diperlukan kepada mereka untuk mengambil keputusan strategis yang berkaitan dengan manajemen fasilitas, keuangan, dan administrasi.
  7. Karyawan Baru: Karyawan yang baru bergabung dengan organisasi juga membutuhkan pemahaman dasar tentang struktur dan proses organisasi, termasuk fungsi General Affairs, untuk dapat beradaptasi dan berkontribusi secara efektif.

Jadwal Training Jakarta Fix Running di Tahun 2024

Januari Februari  Maret April
16 -17 Januari 2024 13 – 14 Februari 2024 5 – 6 Maret 202 24 – 25 April 2024
Mei Juni Juli Agustus
21 – 22 Mei 2024 11 – 12 Juni 2024 16 – 17 Juli 2024 20 – 21 Agustus 2024
September Oktober  November  Desember
17 – 18 September 2024 8 – 9 Oktober 2024 12 – 13 November 2024 17 – 18 Desember 2024

Peserta dapat pesan / customize jadwal pelaksanaan training  selain tanggal yang sudah kami agendakan. 

 

Lokasi Pelatihan Training selain di Jakarta

  1. Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro
  2. Bandung, Hotel Neo Dipatiukur
  3. Bali, Hotel Ibis Kuta
  4. Lombok, Hotel Jayakarta
  5. Surabaya, Hotel Neo Gubeng

 

Investasi Training Jakarta

Investasi pelatihan tahun 2024 ini Rp 6.900.000/ peserta dengan minimal pelaksanaan 3 peserta setiap batch nya. Anda akan mendapatkan harga lebih kompetitif jika pelatihan diselenggarakan secara In House Training (IHT) minimal dengan 10 peserta setiap angkatan/ batch nya. Untuk detail biaya investasi pelatihan ini silahkan menghubungi tim marketing Training Jakarta dan dapatkan harga investasi terbaik.

 

Hubungi segera tim marketing kami untuk mendapatkan biaya investasi terbaik. silahkan hubungi melalui WhatsApp berikut ini

Popular Articles

Most Recent Posts

  • All Post
  • Accounting
  • Administrasi
  • Advokat
  • Agribisnis
  • Agroteknologi
  • Arbitrase
  • Art
  • Audit
  • Bisnis
  • Bursa Efek
  • Coal
  • Creative
  • Cyber
  • Database
  • Design
  • Developer
  • Digital
  • Dividen
  • EBT
  • Ekspedisi
  • Electrical
  • Finance
  • Fraud
  • Geologi
  • HSE
  • Hukum
  • Industri
  • Insurance
  • Karir
  • Kepabeanan
  • Kimia
  • Komunikasi
  • Konstruksi
  • Korporat
  • Kredit
  • Laboratorium
  • Logistic
  • Manajemen
  • Manufaktur
  • Marine
  • Marketing
  • Mechanical
  • Medis
  • Multimedia
  • Nirlaba
  • Obligasi
  • Oil and Gas
  • Pajak
  • Pendidikan
  • Pensiun
  • Perbankan
  • Pertambangan
  • Pertanian
  • Peternakan
  • Properti
  • Psikologis
  • Publik Speaking
  • Purchasing
  • Retail
  • Safety
  • Sipil
  • Software
  • Teknologi
  • Telekomunikasi
  • Trading
  • Transportasi
  • Vendor
  • Warehouse

Training Jakarta adalah Portal Training dan Sertifikasi Terlengkap untuk Kebutuhan Anda

Layanan

Public Training

InHouse Training

Online Training

Certification

Support

Kategori

Manajemen

Human Resources

Logistik

Finansial

Perbankan

Info

Tentang Kami

Promo

Jadwal Training

Hubungi Kami

Portofolio