Blog Content

Home – Blog Content

TRAINING METODE PERANCANGAN

PENGERTIAN TRAINING METODE PERANCANGAN

Training metode perancangan merupakan proses yang mengajarkan bagaimana merancang produk atau proses secara sistematis dan efisien. Pentingnya mengikuti training metode perancangan tidak dapat diragukan lagi dalam dunia industri maupun bisnis. Pertama-tama, training ini membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan produk atau proses yang inovatif dan berkualitas tinggi. Melalui pembelajaran yang terstruktur, peserta dapat memahami konsep-konsep dasar perancangan, metode penelitian, dan teknik evaluasi yang relevan.

Selain itu, mengikuti training metode perancangan memungkinkan para profesional untuk memperluas wawasan dan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang kebutuhan pasar, tren industri, dan teknologi terkini. Dengan demikian, mereka dapat menghasilkan solusi yang lebih adaptif dan responsif terhadap perubahan lingkungan bisnis.

Selanjutnya, training ini juga membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam proses perancangan. Dengan menerapkan metode yang teruji dan terbukti, tim perancang dapat mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan untuk mengembangkan produk atau proses baru.

Selain manfaat tersebut, mengikuti training metode perancangan juga memungkinkan para profesional untuk berkolaborasi dan berbagi pengetahuan dengan rekan-rekan seprofesi. Diskusi, studi kasus, dan latihan praktis dalam training tersebut menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif dan inspiratif.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa mengikuti training metode perancangan sangat penting bagi para profesional yang ingin meningkatkan kompetensi dan kemampuan dalam merancang produk atau proses secara efektif dan efisien. Dengan memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari training tersebut, mereka dapat menjadi agen perubahan yang mampu menciptakan nilai tambah bagi perusahaan dan masyarakat secara keseluruhan.

TRAINING METODE PERANCANGAN

TUJUAN DAN MANFAAT TRAINING METODE PERANCANGAN

  1. Memahami Konsep Dasar: Training metode perancangan membantu peserta untuk memahami konsep dasar perancangan produk atau proses.
  2. Mengembangkan Keterampilan: Peserta akan mengembangkan keterampilan yang diperlukan dalam merancang produk atau proses secara sistematis dan efisien.
  3. Meningkatkan Kreativitas: Training ini merangsang kreativitas peserta dalam menemukan solusi-solusi inovatif dalam perancangan.
  4. Memahami Kebutuhan Pasar: Peserta akan memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang kebutuhan pasar dan tren industri terkini.
  5. Memperluas Wawasan: Training metode perancangan memungkinkan peserta untuk memperluas wawasan mereka tentang teknologi dan perkembangan terbaru dalam industri.
  6. Meningkatkan Efisiensi: Peserta akan belajar untuk menggunakan metode perancangan yang efisien, sehingga dapat mengurangi waktu dan biaya dalam proses pengembangan produk atau proses.
  7. Meningkatkan Kolaborasi: Training ini memungkinkan peserta untuk berkolaborasi dengan profesional lain dalam bidang perancangan, sehingga memperkaya pengalaman dan pengetahuan mereka.
  8. Menghasilkan Produk Berkualitas Tinggi: Dengan mengikuti training metode perancangan, peserta dapat menghasilkan produk atau proses yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan standar industri.
  9. Meningkatkan Daya Saing: Peserta yang mengikuti training ini akan memiliki keunggulan kompetitif dalam pasar kerja yang kompetitif.
  10. Menciptakan Nilai Tambah: Melalui implementasi metode perancangan yang dipelajari, peserta dapat menciptakan nilai tambah bagi perusahaan dan masyarakat dengan produk atau proses yang inovatif dan bermutu.

MATERI TRAINING METODE PERANCANGAN

Tujuan Training:

  • Memahami konsep dasar perancangan.
  • Mengembangkan keterampilan perancangan yang efektif.
  • Menerapkan metode perancangan dalam konteks praktis.
  • Meningkatkan kemampuan berkolaborasi dalam proses perancangan.

Outline Materi:

  1. Pengantar Perancangan
  • Definisi perancangan dan pentingnya dalam berbagai industri.
  • Konsep dasar perancangan produk dan proses.
  • Peran perancangan dalam menciptakan nilai tambah.
  1. Metode Perancangan
  • Overview metode perancangan yang beragam (misalnya, Design Thinking, TRIZ, Six Sigma).
  • Pemahaman langkah-langkah dalam setiap metode perancangan.
  • Pemilihan metode perancangan yang tepat sesuai konteks dan kebutuhan.
  1. Identifikasi Kebutuhan dan Analisis Persyaratan
  • Teknik untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan stakeholder.
  • Pengumpulan dan analisis data untuk merumuskan persyaratan desain.
  • Penggunaan alat-alat seperti analisis SWOT dan analisis risiko.
  1. Generasi Ide dan Konsep
  • Teknik brainstorming untuk menghasilkan ide-ide kreatif.
  • Penggunaan teknik pemodelan untuk mengembangkan konsep.
  • Evaluasi dan seleksi konsep yang paling potensial.
  1. Pengembangan Prototipe dan Pengujian
  • Proses pembuatan prototipe dalam perancangan produk dan proses.
  • Metode pengujian prototipe untuk mengidentifikasi kelemahan dan potensi perbaikan.
  • Pemahaman prinsip pengujian produk dan proses.
  1. Implementasi dan Evaluasi
  • Tahap implementasi dan pengembangan produk secara menyeluruh.
  • Evaluasi kinerja produk atau proses yang telah dirancang.
  • Strategi untuk memperbaiki dan memperbaiki desain.
  1. Studi Kasus dan Latihan Praktis
  • Analisis studi kasus dari berbagai industri dan konteks.
  • Latihan praktis untuk menerapkan metode perancangan dalam konteks nyata.
  • Diskusi kelompok dan umpan balik sesuai dengan hasil latihan.
  1. Kolaborasi dan Komunikasi Tim
  • Strategi untuk meningkatkan kolaborasi dan komunikasi antar anggota tim.
  • Pengelolaan proyek dan tugas dalam konteks perancangan.
  • Pentingnya memberikan dan menerima umpan balik secara efektif.
  1. Kesimpulan dan Penutup
  • Tinjauan singkat materi yang telah dipelajari.
  • Refleksi individu tentang pembelajaran dan pengalaman dalam training.
  • Langkah-langkah selanjutnya untuk mengembangkan keterampilan perancangan.

 PESERTA TRAINING METODE PERANCANGAN

  1. Mahasiswa dan Akademisi: Mahasiswa dan dosen di bidang desain produk, teknik industri, arsitektur, dan bidang terkait membutuhkan pelatihan metode perancangan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam merancang produk atau proses.
  2. Profesional Desain Produk: Para profesional yang bekerja dalam industri desain produk, seperti desainer produk, desainer industri, dan insinyur desain, memerlukan pelatihan metode perancangan untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi proses perancangan mereka.
  3. Insinyur dan Ahli Teknik: Insinyur dan ahli teknik di berbagai bidang, termasuk teknik mesin, teknik elektro, dan teknik sipil, membutuhkan pelatihan metode perancangan untuk memperluas keterampilan mereka dalam merancang produk atau sistem yang inovatif.
  4. Manajer Proyek: Manajer proyek yang bertanggung jawab atas pengembangan produk atau proyek teknik membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang metode perancangan untuk mengelola tim dan proyek dengan lebih efektif.
  5. Pengusaha dan Wirausahawan: Pengusaha dan wirausahawan yang ingin mengembangkan produk baru atau memperbaiki proses bisnis mereka memerlukan pemahaman tentang metode perancangan untuk memastikan keberhasilan dan daya saing produk mereka di pasar.
  6. Karyawan Industri Manufaktur: Karyawan yang bekerja dalam industri manufaktur, termasuk teknisi, operator mesin, dan personel produksi, memerlukan pelatihan metode perancangan untuk memahami proses perancangan dan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.
  7. Profesional Layanan Konsultasi: Profesional di bidang konsultan manajemen, konsultan desain, dan konsultan teknik membutuhkan pemahaman yang kuat tentang metode perancangan untuk memberikan layanan konsultasi yang berkualitas kepada klien mereka.
  8. Peneliti dan Pengembang: Peneliti dan pengembang di berbagai industri, termasuk riset dan pengembangan, teknologi informasi, dan ilmu pengetahuan material, membutuhkan pelatihan metode perancangan untuk mengembangkan produk dan teknologi baru yang inovatif.
  9. Pendidik dan Trainer: Pendidik dan pelatih yang bertanggung jawab atas pendidikan dan pelatihan dalam bidang desain dan teknik memerlukan pemahaman yang komprehensif tentang metode perancangan untuk menyampaikan materi dengan efektif kepada peserta.
  10. Profesional Multidisiplin: Profesional yang bekerja dalam lingkungan multidisiplin dan perlu berkolaborasi dengan berbagai disiplin ilmu membutuhkan pemahaman tentang metode perancangan untuk memfasilitasi kerja tim dan integrasi solusi lintas disiplin.

Jadwal Training Jakarta Fix Running di Tahun 2024

Januari Februari  Maret April
16 -17 Januari 2024 13 – 14 Februari 2024 5 – 6 Maret 202 24 – 25 April 2024
Mei Juni Juli Agustus
21 – 22 Mei 2024 11 – 12 Juni 2024 16 – 17 Juli 2024 20 – 21 Agustus 2024
September Oktober  November  Desember
17 – 18 September 2024 8 – 9 Oktober 2024 12 – 13 November 2024 17 – 18 Desember 2024

Peserta dapat pesan / customize jadwal pelaksanaan training  selain tanggal yang sudah kami agendakan. 

 

Lokasi Pelatihan Training selain di Jakarta

  1. Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro
  2. Bandung, Hotel Neo Dipatiukur
  3. Bali, Hotel Ibis Kuta
  4. Lombok, Hotel Jayakarta
  5. Surabaya, Hotel Neo Gubeng

 

Investasi Training Jakarta

Investasi pelatihan tahun 2024 ini Rp 6.900.000/ peserta dengan minimal pelaksanaan 3 peserta setiap batch nya. Anda akan mendapatkan harga lebih kompetitif jika pelatihan diselenggarakan secara In House Training (IHT) minimal dengan 10 peserta setiap angkatan/ batch nya. Untuk detail biaya investasi pelatihan ini silahkan menghubungi tim marketing Training Jakarta dan dapatkan harga investasi terbaik.

 

Hubungi segera tim marketing kami untuk mendapatkan biaya investasi terbaik. silahkan hubungi melalui WhatsApp berikut ini

Popular Articles

Most Recent Posts

  • All Post
  • Accounting
  • Administrasi
  • Advokat
  • Agribisnis
  • Agroteknologi
  • Arbitrase
  • Art
  • Audit
  • Bisnis
  • Bursa Efek
  • Coal
  • Creative
  • Cyber
  • Database
  • Design
  • Developer
  • Digital
  • Dividen
  • EBT
  • Ekspedisi
  • Electrical
  • Finance
  • Fraud
  • Geologi
  • HSE
  • Hukum
  • Industri
  • Insurance
  • Karir
  • Kepabeanan
  • Kimia
  • Komunikasi
  • Konstruksi
  • Korporat
  • Kredit
  • Laboratorium
  • Logistic
  • Manajemen
  • Manufaktur
  • Marine
  • Marketing
  • Mechanical
  • Medis
  • Multimedia
  • Nirlaba
  • Obligasi
  • Oil and Gas
  • Pajak
  • Pendidikan
  • Pensiun
  • Perbankan
  • Pertambangan
  • Pertanian
  • Peternakan
  • Properti
  • Psikologis
  • Publik Speaking
  • Purchasing
  • Retail
  • Safety
  • Sipil
  • Software
  • Teknologi
  • Telekomunikasi
  • Transportasi
  • Vendor
  • Warehouse

Training Jakarta adalah Portal Training dan Sertifikasi Terlengkap untuk Kebutuhan Anda

Layanan

Public Training

InHouse Training

Online Training

Certification

Support

Kategori

Manajemen

Human Resources

Logistik

Finansial

Perbankan

Info

Tentang Kami

Promo

Jadwal Training

Hubungi Kami

Portofolio