Blog Content

Home – Blog Content

TRAINING MARINE SURVEYOR

PELATIHAN MARINE SURVEYOR

DESKRIPSI TRAINING MARINE SURVEYOR

Training marine surveyor merupakan proses pendidikan dan pelatihan yang bertujuan untuk membekali individu dengan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang diperlukan untuk menjadi seorang profesional di bidang penilai maritim. Marine surveyor adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan inspeksi, pemantauan, dan penilaian terhadap kapal laut, muatan, dan instalasi maritim lainnya. Mereka memainkan peran penting dalam memastikan keselamatan, keandalan, dan kepatuhan terhadap peraturan dalam industri maritim.

Pentingnya mengikuti training marine surveyor sangatlah signifikan. Pertama, training ini memberikan pemahaman mendalam tentang berbagai aspek kapal, muatan, dan instalasi maritim, yang mencakup keselamatan, keandalan, serta aspek hukum dan regulasi. Dengan pengetahuan ini, seorang marine surveyor dapat melakukan pekerjaannya dengan akurat dan efisien, mengurangi risiko insiden atau kecelakaan di laut.

Kedua, melalui training marine surveyor, individu dapat mengembangkan keterampilan teknis yang diperlukan, seperti pemahaman tentang peralatan inspeksi, penggunaan perangkat lunak, dan analisis data. Kemahiran ini memungkinkan mereka untuk memberikan layanan yang berkualitas kepada klien mereka, seperti perusahaan pelayaran, perusahaan asuransi, dan pihak berwenang.

Selain itu, pentingnya training marine surveyor juga terkait dengan perkembangan karier. Profesional yang memiliki kualifikasi dan sertifikasi dalam bidang ini memiliki peluang pekerjaan yang lebih baik dan bisa mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi. Mereka juga dapat memilih untuk bekerja secara independen atau dengan perusahaan konsultan surveyor maritim.

Dalam dunia maritim yang terus berkembang, memiliki marine surveyor yang berkualifikasi dan berpengalaman sangat penting. Mereka memainkan peran utama dalam menjaga integritas industri ini, serta keselamatan dan keamanan kapal laut serta muatannya. Oleh karena itu, mengikuti training marine surveyor merupakan langkah yang sangat penting untuk individu yang ingin berkarier di sektor maritim, dan juga penting bagi industri maritim secara keseluruhan.

TRAINING MARINE SURVEYOR

TUJUAN DAN MANFAAT TRAINING MARINE SURVEYOR

  • Peningkatan Pengetahuan Maritim: Training marine surveyor bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang industri maritim, termasuk kapal laut, muatan, dan instalasi maritim.
  • Pengembangan Keterampilan Teknis: Training ini membantu peserta mengembangkan keterampilan teknis seperti inspeksi, analisis data, dan penggunaan peralatan inspeksi khusus.
  • Memahami Peraturan dan Hukum Maritim: Para peserta akan mempelajari regulasi dan peraturan maritim yang berlaku, memungkinkan mereka untuk memastikan kepatuhan terhadap standar keamanan dan peraturan.
  • Meningkatkan Keselamatan Maritim: Marine surveyor memiliki peran penting dalam menjaga keselamatan kapal laut dan muatan. Training membantu mereka memahami aspek-aspek keselamatan ini dengan lebih baik.
  • Menyediakan Layanan Berkualitas: Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari training, marine surveyor dapat memberikan layanan yang berkualitas kepada klien mereka.
  • Peluang Karier yang Lebih Baik: Training marine surveyor meningkatkan peluang pekerjaan dan penghasilan, serta membuka pintu bagi perkembangan karier di sektor maritim.
  • Menjaga Integritas Industri Maritim: Marine surveyor yang berkualifikasi membantu menjaga integritas dan reputasi industri maritim dengan memastikan kepatuhan terhadap standar dan regulasi.
  • Mendukung Perusahaan Pelayaran: Marine surveyor yang berkualifikasi membantu perusahaan pelayaran untuk menjaga kapal dan muatan mereka tetap aman dan mematuhi peraturan.
  • Memastikan Keandalan Muatan: Training marine surveyor membantu dalam memverifikasi keandalan muatan yang diangkut oleh kapal laut, sehingga meminimalkan risiko kerugian.
  • Pemberian Kontribusi terhadap Keselamatan Laut Global: Marine surveyor berperan dalam menjaga keselamatan laut global dengan mencegah insiden atau kecelakaan di laut, yang dapat berdampak luas pada lingkungan dan ekonomi.
  • Menawarkan Opsi Karier Independen: Sebagai marine surveyor yang terlatih, individu dapat memilih untuk bekerja secara independen atau sebagai konsultan di bidang surveyor maritim.

OUTLINE MATERI TRAINING MARINE SURVEYOR

I. Pendahuluan

  1. Pengenalan kepada Profesi Marine Surveyor
  2. Peran dan Tanggung Jawab Marine Surveyor
  3. Sejarah dan Perkembangan Industri Maritim

II. Dasar-dasar Maritim

  1. Jenis Kapal Laut dan Struktur Maritim
  2. Bagian-Bagian Kapal
  3. Fungsi dan Peran Berbagai Jenis Kapal
  4. Terminologi Maritim

III. Keselamatan Maritim

  1. Peraturan Keselamatan Maritim
  2. Prosedur Darurat dan Pengendalian Kecelakaan
  3. Pencegahan Pencemaran Lingkungan

IV. Pemahaman Kapal dan Muatan

  1. Evaluasi dan Inspeksi Kapal Laut
  2. Evaluasi dan Inspeksi Muatan
  3. Penanganan Muatan dan Kestabilan Kapal

V. Aspek Hukum Maritim

  1. Hukum Maritim Internasional
  2. Kontrak Maritim
  3. Kewajiban dan Tanggung Jawab Marine Surveyor

VI. Teknik Pemantauan dan Inspeksi

  1. Metode dan Alat Pemantauan
  2. Teknik Inspeksi Kapal dan Muatan
  3. Penggunaan Perangkat Lunak Spesifik

VII. Evaluasi Kerusakan dan Perbaikan

  1. Identifikasi Kerusakan Kapal dan Muatan
  2. Penilaian Kerusakan
  3. Perbaikan dan Pemeliharaan

VIII. Laporan dan Dokumentasi

  1. Penyusunan Laporan Survey
  2. Presentasi Hasil Survey
  3. Aspek Hukum dan Etika dalam Dokumentasi

IX. Kepemimpinan dan Manajemen Proyek

  1. Manajemen Proyek Marine Surveyor
  2. Kepemimpinan dalam Tim Survey
  3. Manajemen Waktu dan Sumber Daya

X. Praktek Lapangan dan Kasus Studi

  1. Simulasi Inspeksi Kapal dan Muatan
  2. Studi Kasus dari Kejadian Sebenarnya
  3. Diskusi Kelompok

XI. Ujian Akhir dan Sertifikasi

  1. Persiapan Ujian Akhir
  2. Ujian Akhir Komprehensif
  3. Penerbitan Sertifikasi Marine Surveyor

XII. Penutup dan Evaluasi

  1. Rekapitulasi Materi Pelatihan
  2. Evaluasi Pelatihan oleh Peserta
  3. Penutup dan Sertifikat Penyelesaian

PESERTA TRAINING MARINE SURVEYOR

  1. Calon Marine Surveyor: Individu yang bercita-cita menjadi marine surveyor dan memerlukan pelatihan awal untuk memasuki profesi ini.
  2. Surveyor Maritim yang Sudah Berpengalaman: Surveyor maritim yang telah bekerja dalam industri ini dan ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka.
  3. Pemilik dan Manajer Perusahaan Pelayaran: Pemilik atau manajer perusahaan pelayaran yang ingin memahami lebih baik peran marine surveyor dan mengelola layanan survey dengan lebih efektif.
  4. Inspektur Kapal: Orang yang bertugas untuk melakukan inspeksi keamanan, kelayakan, dan pemeliharaan kapal laut.
  5. Pegawai Asuransi Maritim: Staf yang bekerja di perusahaan asuransi maritim dan perlu memahami proses penilaian risiko dan klaim maritim.
  6. Pihak Berwenang dan Regulator Maritim: Pejabat pemerintah dan regulator yang bertanggung jawab untuk memastikan kepatuhan terhadap regulasi maritim.
  7. Ahli Hukum Maritim: Pengacara yang mengkhususkan diri dalam hukum maritim dan ingin memahami aspek teknis dalam pekerjaan mereka.
  8. Mahasiswa dan Akademisi: Mahasiswa yang tertarik pada studi maritim atau dosen yang ingin mengajar materi terkait marine surveyor.
  9. Petugas Keamanan Maritim: Petugas keamanan yang ingin memahami inspeksi dan pemantauan kapal laut untuk tujuan keamanan nasional.
  10. Karyawan Perusahaan Logistik dan Muatan: Karyawan yang terlibat dalam pengelolaan logistik dan muatan yang ingin memastikan kualitas dan keselamatan pengiriman mereka.
  11. Profesional Bidang Maritim Lainnya: Orang-orang dalam industri maritim seperti ahli mesin, teknisi elektrik, dan pengejar karier yang ingin mendapatkan pemahaman komprehensif tentang surveyor maritim.
  12. Insinyur Maritim: Insinyur yang terlibat dalam perancangan, konstruksi, atau pemeliharaan kapal laut dan ingin memahami evaluasi dan inspeksi kapal yang lebih baik.
  13. Perwira Kapal: Perwira kapal yang ingin mendapatkan pemahaman tambahan tentang aspek inspeksi dan evaluasi kapal mereka.
  14. Pengusaha dan Wirausahawan Maritim: Orang yang ingin memulai bisnis terkait maritim seperti perusahaan survey atau konsultan maritim.
  15. Peserta dari Organisasi Maritim Internasional: Orang-orang yang bekerja dalam organisasi internasional seperti IMO (International Maritime Organization) atau IACS (International Association of Classification Societies).
  16. Anggota Organisasi Profesional Maritim: Anggota organisasi profesional seperti The Nautical Institute atau The International Institute of Marine Surveying yang ingin mengembangkan keterampilan mereka.

Instruktur Pelatihan Marine Surveyor

Pelatihan ini akan dibawakan oleh Trainer dari kalangan Praktisi, Akademisi dan Konsultan berpengalaman di bidangnya Marine Surveyor. Anda akan diberikan modul materi yang lengkap berupa softcopy ataupun hardcopy jika diperlukan. Calon peserta pelatihan diperkenankan customize atau request modul pelatihan sehingga materi training akan disusun secara komprehensif dan disesuiakan dengan goals peserta pelatihan.

 

Jadwal Training Jakarta Fix Running di Tahun 2024

Januari Februari  Maret April
16 -17 Januari 2024 13 – 14 Februari 2024 5 – 6 Maret 202 24 – 25 April 2024
Mei Juni Juli Agustus
21 – 22 Mei 2024 11 – 12 Juni 2024 16 – 17 Juli 2024 20 – 21 Agustus 2024
September Oktober  November  Desember
17 – 18 September 2024 8 – 9 Oktober 2024 12 – 13 November 2024 17 – 18 Desember 2024

Peserta dapat pesan / customize jadwal pelaksanaan training  selain tanggal yang sudah kami agendakan. 

 

Lokasi Pelatihan Training selain di Jakarta

  1. Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro
  2. Bandung, Hotel Neo Dipatiukur
  3. Bali, Hotel Ibis Kuta
  4. Lombok, Hotel Jayakarta
  5. Surabaya, Hotel Neo Gubeng

 

Investasi Training Jakarta

Investasi pelatihan tahun 2024 ini Rp 6.900.000/ peserta dengan minimal pelaksanaan 3 peserta setiap batch nya. Anda akan mendapatkan harga lebih kompetitif jika pelatihan diselenggarakan secara In House Training (IHT) minimal dengan 10 peserta setiap angkatan/ batch nya. Untuk detail biaya investasi pelatihan ini silahkan menghubungi tim marketing Training Jakarta dan dapatkan harga investasi terbaik.

 

Hubungi segera tim marketing kami untuk mendapatkan biaya investasi terbaik. silahkan hubungi melalui WhatsApp berikut ini

Popular Articles

Most Recent Posts

  • All Post
  • Accounting
  • Administrasi
  • Advokat
  • Agribisnis
  • Agroteknologi
  • Arbitrase
  • Art
  • Audit
  • Bisnis
  • Bursa Efek
  • Coal
  • Creative
  • Cyber
  • Database
  • Design
  • Developer
  • Digital
  • Dividen
  • EBT
  • Ekspedisi
  • Electrical
  • Finance
  • Fraud
  • Geologi
  • HSE
  • Hukum
  • Industri
  • Insurance
  • Karir
  • Kepabeanan
  • Kimia
  • Komunikasi
  • Konstruksi
  • Korporat
  • Kredit
  • Laboratorium
  • Logistic
  • Manajemen
  • Manufaktur
  • Marine
  • Marketing
  • Mechanical
  • Medis
  • Multimedia
  • Nirlaba
  • Obligasi
  • Oil and Gas
  • Pajak
  • Pendidikan
  • Pensiun
  • Perbankan
  • Pertambangan
  • Pertanian
  • Peternakan
  • Properti
  • Psikologis
  • Publik Speaking
  • Purchasing
  • Retail
  • Safety
  • Sipil
  • Software
  • Teknologi
  • Telekomunikasi
  • Trading
  • Transportasi
  • Vendor
  • Warehouse

Training Jakarta adalah Portal Training dan Sertifikasi Terlengkap untuk Kebutuhan Anda

Layanan

Public Training

InHouse Training

Online Training

Certification

Support

Kategori

Manajemen

Human Resources

Logistik

Finansial

Perbankan

Info

Tentang Kami

Promo

Jadwal Training

Hubungi Kami

Portofolio