Blog Content

Home – Blog Content

TRAINING METODE MENYUSUN HARGA PERKIRAAN SENDIRI HPS / OE

PELATIHAN METODE MENYUSUN HARGA PERKIRAAN SENDIRI HPS / OE

Pengertian Training Metode Menyusun Harga Perkiraan Sendiri (HPS/OE):

Training metode menyusun Harga Perkiraan Sendiri (HPS/OE) adalah proses pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam menyusun estimasi biaya proyek atau pekerjaan secara mandiri. HPS/OE adalah bagian kunci dalam pengadaan proyek atau tender, di mana perusahaan atau individu yang ingin mengikuti lelang harus menyusun perkiraan biaya yang akurat untuk menawarkan harga yang kompetitif. Training ini membantu peserta untuk memahami metode, prosedur, dan alat yang digunakan dalam menyusun HPS/OE, sehingga mereka dapat menghasilkan anggaran biaya yang tepat, efisien, dan mengikuti standar yang berlaku.

TRAINING METODE MENYUSUN HARGA PERKIRAAN SENDIRI HPS / OE

Pentingnya Mengikuti Training Metode Menyusun HPS/OE:

  1. Meningkatkan Kemampuan Estimasi Biaya: Training HPS/OE membantu peserta memahami metode yang digunakan dalam estimasi biaya proyek, termasuk biaya bahan, tenaga kerja, peralatan, dan lainnya. Ini akan membantu mereka menyusun anggaran yang akurat dan realistis.
  2. Bersaing Lebih Baik: Dalam dunia konstruksi dan pengadaan proyek, harga yang kompetitif sering menjadi faktor penentu dalam memenangkan kontrak. Dengan pelatihan HPS/OE, peserta dapat menyusun harga yang lebih bersaing, meningkatkan peluang mereka untuk memenangkan tender.
  3. Menghindari Overbudget: Training HPS/OE membantu menghindari kesalahan dalam estimasi biaya, yang dapat mengakibatkan proyek melebihi anggaran. Dengan estimasi yang lebih baik, peserta dapat mengelola anggaran proyek dengan lebih efisien.
  4. Meningkatkan Kualitas Pekerjaan: Estimasi biaya yang tepat memungkinkan perusahaan atau individu untuk mengalokasikan sumber daya dengan bijak dan menjalankan proyek dengan lebih efisien. Ini dapat menghasilkan pekerjaan yang lebih berkualitas.
  5. Mematuhi Aturan dan Regulasi: Dalam banyak kasus, lembaga pemerintah atau entitas pengadaan mewajibkan penyedia jasa untuk menyusun HPS/OE sesuai dengan standar dan regulasi tertentu. Training ini membantu peserta memahami persyaratan ini dan memastikan kepatuhan mereka.

 

Tujuan dan Manfaat Mengikuti Training Metode Menyusun Harga Perkiraan Sendiri (HPS/OE):

  1. Memahami Konsep Estimasi Biaya: Training HPS/OE membantu peserta memahami dasar-dasar estimasi biaya proyek atau pekerjaan, yang menjadi dasar dalam pengadaan proyek.
  2. Meningkatkan Kemampuan Estimasi: Peserta dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menyusun perkiraan biaya yang akurat, termasuk estimasi bahan, tenaga kerja, dan peralatan yang diperlukan.
  3. Meminimalkan Risiko Kesalahan: Training ini membantu mengurangi risiko kesalahan dalam estimasi biaya, yang dapat mengakibatkan proyek melebihi anggaran.
  4. Bersaing Lebih Kompetitif: Dengan pemahaman yang lebih baik tentang harga dan estimasi biaya, peserta dapat menawarkan harga yang lebih bersaing dalam tender atau pengadaan proyek.
  5. Meningkatkan Kualitas Pekerjaan: Estimasi biaya yang akurat memungkinkan pengalokasian sumber daya yang lebih efisien, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas pekerjaan.
  6. Mengelola Anggaran dengan Lebih Efisien: Training HPS/OE membantu peserta mengelola anggaran proyek dengan lebih efisien, menghindari pemborosan dan perencanaan yang buruk.
  7. Memahami Regulasi dan Standar: Peserta akan memahami persyaratan regulasi dan standar yang berlaku dalam pengadaan proyek, memastikan kepatuhan dengan ketentuan yang berlaku.
  8. Menjalin Kemitraan Bisnis yang Baik: Peserta yang memiliki kemampuan estimasi biaya yang baik cenderung membangun hubungan bisnis yang kuat dengan klien, pemberi kerja, dan mitra proyek lainnya.
  9. Mengoptimalkan Rencana Bisnis: Estimasi biaya yang akurat membantu perusahaan dalam merencanakan bisnis jangka panjang dan mengidentifikasi proyek yang menguntungkan.
  10. Meningkatkan Kepercayaan Diri: Training HPS/OE membantu meningkatkan kepercayaan diri peserta dalam menghadapi pengadaan proyek dan tender, serta berinteraksi dengan pemangku kepentingan proyek.
  11. Potensi Pengembangan Karir: Kemampuan untuk menyusun HPS/OE yang akurat dapat membuka peluang karir yang lebih baik di industri konstruksi dan pengadaan proyek.
  12. Kesinambungan Bisnis: Dengan kemampuan estimasi biaya yang baik, perusahaan dapat menjaga kesinambungan bisnis dan berkontribusi pada pertumbuhan jangka panjang.

 

Outline Materi Training Metode Menyusun Harga Perkiraan Sendiri (HPS/OE)

 1: Pengenalan Estimasi Biaya dan Proyek HPS/OE

  • Pengertian Estimasi Biaya dan Peranannya
  • Perbedaan Antara HPS dan OE
  • Alat dan Sumber Daya dalam Estimasi Biaya
  • Pentingnya Estimasi Biaya yang Akurat

 2: Metode Estimasi Biaya

  • Metode Top-Down vs. Bottom-Up
  • Metode Perbandingan dan Analisis Historis
  • Analisis Breakdown Struktur Biaya (BSR)
  • Penggunaan Software Estimasi

 3: Komponen Estimasi Biaya

  • Estimasi Biaya Bahan
  • Estimasi Biaya Tenaga Kerja
  • Estimasi Biaya Peralatan
  • Biaya Overhead dan Keuntungan

 4: Perencanaan Proyek dan Jadwal

  • Hubungan antara Estimasi Biaya dan Perencanaan Proyek
  • Penjadwalan Proyek
  • Pengelolaan Rencana Proyek dan Penyesuaian Estimasi Biaya

 5: Kualitas dan Risiko Estimasi Biaya

  • Evaluasi dan Verifikasi Estimasi Biaya
  • Pengendalian Risiko Estimasi Biaya
  • Penyesuaian dan Pemantauan Selama Pelaksanaan Proyek

 6: Etika dan Hukum dalam Estimasi Biaya

  • Prinsip Etika dalam Estimasi Biaya
  • Kepatuhan Hukum dan Persyaratan Lelang
  • Kasus-Kasus Hukum Terkait Estimasi Biaya

 7: Penyusunan Dokumen Lelang dan Presentasi HPS/OE

  • Pengembangan Proposal Lelang
  • Persiapan dan Presentasi HPS/OE
  • Evaluasi dan Negosiasi dengan Pemberi Kerja

 8: Studi Kasus dan Latihan Praktis

  • Studi Kasus Proyek Nyata
  • Latihan Estimasi Biaya
  • Presentasi HPS/OE dan Umpan Balik

 9: Teknologi Terkini dan Alat Bantu

  • Perkembangan Teknologi dalam Estimasi Biaya
  • Penggunaan Perangkat Lunak dan Aplikasi Terkini

 10: Ujian Akhir dan Sertifikasi

  • Ujian Penilaian untuk Sertifikasi
  • Penyusunan Laporan Akhir Proyek HPS/OE
  • Penyampaian Sertifikat dan Penutupan Training

Silabus di atas dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik peserta, industri, atau proyek yang sedang dikerjakan. Training HPS/OE ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan yang komprehensif dalam menyusun HPS/OE yang akurat dan efisien untuk pengadaan proyek.

 

Peserta Pelatihan Harga Perkiraan Sendiri (HPS/OE):

  1. Kontraktor Konstruksi: Kontraktor konstruksi perlu memahami dan menguasai teknik estimasi biaya untuk mengikuti lelang proyek konstruksi dengan lebih baik.
  2. Manajer Proyek: Manajer proyek bertanggung jawab untuk mengelola anggaran proyek. Pelatihan ini akan membantu mereka dalam perencanaan dan pengendalian biaya.
  3. Pengusaha: Pengusaha yang ingin mengembangkan usaha di bidang konstruksi atau pengadaan proyek memerlukan pemahaman yang kuat tentang estimasi biaya.
  4. Karyawan Lembaga Pemerintah: Staf lembaga pemerintah yang terlibat dalam pengadaan proyek publik memerlukan pelatihan HPS/OE untuk mematuhi regulasi dan standar yang berlaku.
  5. Pemilik Bisnis Kecil dan Menengah (UKM): Pemilik bisnis UKM dalam industri konstruksi dapat meningkatkan efisiensi dan daya saing mereka melalui pelatihan ini.
  6. Pengawas Lapangan: Pengawas lapangan perlu memahami estimasi biaya untuk memastikan pekerjaan sesuai dengan anggaran dan spesifikasi.
  7. Mahasiswa Teknik Sipil dan Konstruksi: Pelatihan ini juga bermanfaat bagi mahasiswa yang ingin memasuki industri konstruksi setelah lulus.
  8. Pengembang Properti: Pengembang properti perlu memiliki pemahaman tentang estimasi biaya untuk proyek pembangunan properti.
  9. Manajer Keuangan: Manajer keuangan yang bertanggung jawab atas pengeluaran proyek juga akan mendapat manfaat dari pemahaman yang lebih baik tentang estimasi biaya.
  10. Profesional di Bidang Perencanaan dan Desain: Profesional di bidang perencanaan dan desain proyek juga akan mendapatkan wawasan yang berharga tentang bagaimana estimasi biaya memengaruhi keputusan perencanaan.
  11. Pemilik Tanah: Pemilik tanah yang berencana menjual atau mengembangkan properti perlu memahami bagaimana estimasi biaya dapat memengaruhi nilai properti mereka.
  12. Pemilik Bisnis Non-Konstruksi: Pemilik bisnis di luar industri konstruksi, seperti perusahaan manufaktur atau jasa, yang terlibat dalam proyek konstruksi internal atau eksternal juga dapat memanfaatkan pelatihan ini.
  13. Konsultan Keuangan dan Perencanaan Bisnis: Konsultan yang bekerja dengan perusahaan konstruksi atau pemerintah memerlukan pemahaman tentang estimasi biaya dalam memberikan nasihat keuangan dan perencanaan.
  14. Pemilik Proyek Swasta: Pemilik proyek swasta yang ingin mengawasi proyek konstruksi mereka sendiri membutuhkan pengetahuan tentang estimasi biaya.
  15. Pemilik Usaha Pertanian: Bagi pemilik usaha pertanian yang ingin membangun fasilitas atau infrastruktur pertanian, pemahaman tentang estimasi biaya proyek sangat penting.
  16. Petugas Pengadaan dan Tender: Staf yang bertanggung jawab atas pengadaan proyek dalam lembaga pemerintah atau perusahaan swasta perlu menguasai estimasi biaya untuk mengevaluasi penawaran yang masuk.
  17. Profesional Sumber Daya Manusia (SDM): Profesional SDM yang bekerja di industri konstruksi memerlukan pemahaman tentang estimasi biaya untuk penempatan dan pengembangan tenaga kerja.

Instruktur Pelatihan Harga Perkiraan Sendiri (HPS/OE):

Pelatihan ini akan dibawakan oleh Trainer dari kalangan Praktisi, Akademisi dan Konsultan berpengalaman di bidangnya Harga Perkiraan Sendiri (HPS/OE). Anda akan diberikan modul materi yang lengkap berupa softcopy ataupun hardcopy jika diperlukan. Calon peserta pelatihan diperkenankan customize atau request modul pelatihan sehingga materi training akan disusun secara komprehensif dan disesuiakan dengan goals peserta pelatihan.

 

Jadwal Training Jakarta Fix Running di Tahun 2024

Januari Februari  Maret April
16 -17 Januari 2024 13 – 14 Februari 2024 5 – 6 Maret 202 24 – 25 April 2024
Mei Juni Juli Agustus
21 – 22 Mei 2024 11 – 12 Juni 2024 16 – 17 Juli 2024 20 – 21 Agustus 2024
September Oktober  November  Desember
17 – 18 September 2024 8 – 9 Oktober 2024 12 – 13 November 2024 17 – 18 Desember 2024

Peserta dapat pesan / customize jadwal pelaksanaan training  selain tanggal yang sudah kami agendakan. 

 

Lokasi Pelatihan Training selain di Jakarta

  1. Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro
  2. Bandung, Hotel Neo Dipatiukur
  3. Bali, Hotel Ibis Kuta
  4. Lombok, Hotel Jayakarta
  5. Surabaya, Hotel Neo Gubeng

 

Investasi Training Jakarta

Investasi pelatihan tahun 2024 ini Rp 6.900.000/ peserta dengan minimal pelaksanaan 3 peserta setiap batch nya. Anda akan mendapatkan harga lebih kompetitif jika pelatihan diselenggarakan secara In House Training (IHT) minimal dengan 10 peserta setiap angkatan/ batch nya. Untuk detail biaya investasi pelatihan ini silahkan menghubungi tim marketing Training Jakarta dan dapatkan harga investasi terbaik.

 

Hubungi segera tim marketing kami untuk mendapatkan biaya investasi terbaik. silahkan hubungi melalui WhatsApp berikut ini

 

Popular Articles

Most Recent Posts

  • All Post
  • Accounting
  • Administrasi
  • Advokat
  • Agribisnis
  • Agroteknologi
  • Arbitrase
  • Art
  • Audit
  • Bisnis
  • Bursa Efek
  • Coal
  • Creative
  • Cyber
  • Database
  • Design
  • Developer
  • Digital
  • Dividen
  • EBT
  • Ekspedisi
  • Electrical
  • Finance
  • Fraud
  • Geologi
  • HSE
  • Hukum
  • Industri
  • Insurance
  • Karir
  • Kepabeanan
  • Kimia
  • Komunikasi
  • Konstruksi
  • Korporat
  • Kredit
  • Laboratorium
  • Logistic
  • Manajemen
  • Manufaktur
  • Marine
  • Marketing
  • Mechanical
  • Medis
  • Multimedia
  • Nirlaba
  • Obligasi
  • Oil and Gas
  • Pajak
  • Pendidikan
  • Pensiun
  • Perbankan
  • Pertambangan
  • Pertanian
  • Peternakan
  • Properti
  • Psikologis
  • Publik Speaking
  • Purchasing
  • Retail
  • Safety
  • Sipil
  • Software
  • Teknologi
  • Telekomunikasi
  • Trading
  • Transportasi
  • Vendor
  • Warehouse

Training Jakarta adalah Portal Training dan Sertifikasi Terlengkap untuk Kebutuhan Anda

Layanan

Public Training

InHouse Training

Online Training

Certification

Support

Kategori

Manajemen

Human Resources

Logistik

Finansial

Perbankan

Info

Tentang Kami

Promo

Jadwal Training

Hubungi Kami

Portofolio